Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran

Visi

Visi Program Studi Pendidikan matematika FKIP Unmas Denpasar adalah menjadi program studi yang menghasilkan sarjana pendidikan matematika yang bermutu dan berbudaya.

Misi

Misi dari Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unmas Denpasar sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran matematika yang bermutu dengan dukungan kualitas sistem tata pamong, pengelolaan,administrasi akademik, SDM, kurikulum, sarana dan prasarana serta sistem informasi.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang mengacu pada kondisi perkembangan pendidikan dan pembelajaran matematika
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat secara berkesinambungan dan mengarah pada solusi terhadap permasalahan, baik yang terjadi di masyarakat maupun di dunia pendidikan dan pembelajaran matematika

Tujuan

Tujuan dari Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unmas Denpasar  adalah :

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan matematika yang bermutu dari segi pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
  2. Menghasilkan sarjana pendidikan matematika yang mampu merencanakan, melaksanakan dan mengembangkan penelitian sesuai dengan kondisi perkembangan pendidikan dan pembelajaran matematika
  3. Menghasikan sarjana pendidikan matematika yang mampu melaksanakan pengabdian masyarakat secara berkesinambungan dan mengarah pada solusi terhadap permasalahan, baik yang terjadi di masyarakat maupun di dunia pendidikan dan pembelajaran matematika

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Dalam rangka mewujudkan tercapainya VMTS Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unmas Denpasar Periode 2015-2019, maka dilakukan penyusunan Renstra dan Renop. Tugas penyusunan ini dilakukan langsung oleh Tim Penyusun VMTS. Dokumen utama yang digunakan sebagai acuan adalah Hasil Evaluasi Renstra dan Renop Periode 2011-2015. Berikut ini adalah evaluasi ketercapaian Renstra dan Renop Periode 2011-2015

Sasaran :

Sasaran untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan dikaitkan dengan standar yang ada pada borang, yaitu sasaran terkait dengan (1) Kelembagaan, (2) Mahasiswa dan Lulusan, (3) Sumber Daya Manusia (SDM), (4) Kurikulum dan Suasana Akademik, dan (5) Sarana dan Prasarana, sebagai berikut:

  1. Sasaran di Bidang Kelembagaan meliputi :
  • Tata pamong yang ditegakkan dengan budaya organisasi.
  • Pejabat dan karyawan dengan layanan akademik dan kinerja yang lebih baik.
  • Unsur penunjang : Lab Micro Teaching, Biro PPL, Labwork Matematika, Lab Komputer, dan Lab Dasar IPA yang inovatif.
  • Keberlanjutan terkait dengan animo mahasiswa, mutu manajemen, mutu lulusan, dan kerjasama kemitraan yang terencana dengan lebih baik.
  1. Sasaran di Bidang Mahasiswa dan Lulusan
  • Sistem penyaringan calon mahasiswa baru yang efektif dan efisien.
  • Pelaksanaan bimbingan akademik mahasiswa yang kondusif sehingga mempercepat penyelesaian studi dan menghasilkan lulusan yang kompeten dan
  • Pelaksanaan layanan mahasiswa agar lebih sejahtera dan termotivasi selama studi.
  • Sistem dan pelaksanaan perkuliahan yang efektif dan efisien.
  • Lulusan yang kompeten sehingga berdaya saing.
  • Evaluasi terhadap kinerja lulusan oleh pihak pengguna lulusan.
  • Kepedulian alumni terhadap perkembangan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unmas Denpasar.
  • Waktu tunggu dan kesiapan lulusan untuk bekerja, minimal ditingkat SMP baik sebagai PNS atau non PNS.
  1. Sasaran di Bidang SDM, meliputi :
  • Profil dosen terkait tentang pendidikan dan bidang keahlian, rasio dosen dan mahasiswa, rasio dosen tetap dan tidak tetap yang sesuai dengan ketentuan.
  • Pembagian/beban tugas mengajar dosen yang rasional.
  • Peningkatan kemampuan dan prestasi dosen terkait pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi baik didalam atau diluar perguran tinggi atau instansi lain yang lebih terencana.
  • Peningkatan kualitas dosen melalui usaha peningkatan mutu dosen (pelatihan, kuliah, pertemuan ilmiah, penelitian atau pengabdian masyarakat melalui kerjasama antar instansi) yang sesuai dengan perkembangan pendidikan.
  • Peningkatan kemampuan tenaga kependidikan yang profesional dalam melakukan pelayanan akademik, dalam berkomunikasi dengan Bahasa Inggris, serta dalam mengoperasionalkan TIK yang lebih baik.
  1. Sasaran di Bidang Kurikulum dan Suasana Akademik, meliputi :
    • Pengembangan kurikulum yang ber KKNI atau yang sesuai dengan acuan dari Kemenristekdikti.
    • Pengembangan silabus, SAP, Buku Ajar berdasarkan kurikulum dan perkembangan Pendidikan Matematika.
    • Pengembangan mata kuliah atau pengalaman belajar mahasiswa yang sesuai kompetensi lulusan dan kebutuhan pengguna (stakeholder) lulusan.
    • Pelaksanaan proses pembelajaran, bimbingan akademik dan tugas akhir, serta monev menuju pelaksanaan kurikulum yang efektif dan efisien.
    • Peninjauan kurikulum setiap 2-3 tahun sekali dan perubahan setiap 5 tahun sekali sejalan perkembangan IPTEKS dan pengguna (stakeholder) lulusan.
    • Suana akademik yang kondusif (kebebasan akademik/mimbar, sarpras penunjang, interaksi dosen-mahasiswa)
  1. Sasaran di Bidang Sarana dan Prasarana, meliputi :
    • Prasarana ruangan kuliah dan ruangan diskusi yang memadai dan siap kearah pembelajaran berbasis multi media.
    • Prasarana penunjang : Labwork Matematika, Micro Teaching, Lab. Komputer, Laboratorium Dasar MIPA, Perpustakaan, Biro PPL dan Jaringan Internet yang dapat memenuhi kebutuhan dosen, mahasiswa, dan manajemen program studi.
    • Ketersediaan Buku Ajar, Jurnal dan Buku-buku Perpustakaan yang dapat memberi kemudahan pelaksanaan akademik

Strategi Pencapaian:

Strategi pencapaian tujuan diuraikan berdasarkan bidang sasaran yang telah disampaikan dan diharapkan dapat diwujudkan pada akhir tahun 2020, sebagai berikut.

  1. Strategi Pencapaian di Bidang Kelembagaan
  • Tahun 2017 membuat pedoman yang jelas dan monitoring penerapannya untuk tegaknya aturan tentang tata cara pemilihan pimpinan, etika dosen, etika mahasiswa dan etika tenaga kependidikan, menuju budaya organisasi yang kredibel, transparan, akuntabel, dan bertanggung jawab.
  • Setiap akhir semester melakukan monev dan tindak lanjut terhadap pelaksanaan praktikum di laboratorium atau pemanfaatan unsur penunjang lain apakah sudah sesuai dengan ketentuan atau pedoman yang ada yang mengarah kepada optimalisasi penggunaan laboratorium.
  • Setiap akhir tahun akademik dilakukan monev dan tindak lanjut untuk keberlanjutan Program Studi melalui observasi/wawancara/angket baik intern atau ekstern (pengguna lulusan) serta melalui rapat Program Studi.
  • Setiap awal tahun dilakukan promosi untuk mendapatkan calon mahasiswa melalui sosialisasi ke sekolah-sekolah, penyebaran brosur, pemasangan baliho, informasi melalui web dan surat kabar.
  1. Strategi Pencapaian di Bidang Mahasiswa dan Lulusan
  • Selalu melakukan seleksi secara efektif melalui jalur bakat dan minat, jalur penerimaan mahasiswa baru, dan jalur perpindahan sehingga mendapatkan mahasiswa yang mempunyai motivasi tinggi untuk kuliah di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unmas Denpasar.
  • Mengembangkan SOP dan melakukan monev serta tindak lanjut pada setiap awal semester terkait dengan kinerja dan tanggung jawab pembimbing akademik dan pembimbing skripsi untuk mempercepat penyelesaian studi mahasiswa yang dibimbing.
  • Selalu melakukan kontrol dan memanfaatkan hasilnya untuk perbaikan terhadap keberadaan dan fungsi layanan mahasiswa terkait dengan kesejahteraan dan motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan studi.
  • Menertibkan pelaksanaan perkuliahan dengan melakukan monev dan tidak lanjut pada setiap semester terkait dengan keberadaan Silabus, SAP, Buku ajar/diktat/handout, kehadiran dosen dengan 16 kali pertemuan, kesesuaian materi ajar dengan kontrak mengajar, model/metode/teknik mengajar yang berbasis SCL atau berbasis komputer, evaluasi hasil belajar sesuai kompetensi yang dianalisis dari komponen Tugas/UTS/UAS, pelaksanaan remidi, dan penyerahan nilai akhir sebelum batas penanganan ekpert.
  • Mengumpulkan data dari alumni melalui wawancara/angket terkait tempat kerja, waktu tunggu, dan kesulitannya saat melaksanakan tugas setiap menjelang wisuda yang digunakan untuk melakukan tinjauan terhadap kurikulum.
  • Setiap awal tahun kuliah melakukan wawancara kepada pengguna lulusan terkait dengan kenerja lulusan dan perkembangan dunia pendidikan yang digunakan untuk melakukan tinjauan terhadap kurikulum.
  1. Strategi Pencapaian di Bidang SDM
  • Di tahun 2017 membuat buku profil dosen yang sistematis sehingga mudah diupdate dan memberikan kemudahan dalam perencanaan pengembangan, penepatan yang sesuai keahlian, dan pembagian tugas mengajar yang proporsional.
  • Di tahun 2017 menentukan skala prioritas, memberikan informasi yang jelas mengarahkan/mendorong/memotivasi kepada dosen dan mengusulkan bantuan dana kepada fakultas/universitas untuk studi lanjut atau  mengikuti pertemuan ilmiah.
  • Di tahun 2018 merancang pengembangan tenaga kependidikan khususnya program-program berdasarkan TIK terkait tugasnya sehingga pelayanan akademik lebih baik dan data base Program Studi/Fakultas selalu uptodate.
  1. Strategi Pencapaian di Bidang Kurikulum & Suasana Akademik
  • Melaksanakan workshop pengembangkan kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unmas Denpasar berdasarkan KKNI dan acuan dari Kemenristekdikti di tahun ajaran 2015/2016.
  • Melaksanakan Workshop Pengembangan Silabus, SAP, Buku Ajar berdasarkan kurikulum hasil workshop dan perkembangan Pendidikan Matematika di tahun 2016.
  • Melaksanakan tinjauan kurikulum disesuaikan dengan perkem-bangan IPTEKS dan kajian terhadap informasi dari pengguna lulusan tahun 2018.
  • Secara berkelanjutan mendorong terbentuknya suasana akademik yang kondusif dengan:
  • Selalu memberi kebebasan kepada mahasiswa dalam menentukan program kuliah, penelitian melalui skripsi,, dan mengemukakan pendapat melalui melalui pertemuan ilmiah.
  • Meningkatkan penyediaan sarana dan prasarana penunjang suasana akademik seperti ruang kuliah ber-AC dan LCD, Labwork Matematika, Perpustakaan khusus, dan Akses Internet.
  • Meningkatkan interaksi dalam kegiatan perkuliahan, interaksi antara dosen dengan mahasiswa, dan interaksi antara dosen dengan dosen.
  • Mendorong dosen untuk studi lanjut serta melaksanakan workshop penulisan karya ilmiah dan penerapannya melalui pengabdian masyarakat.
  1. Strategi Pencapaian di Bidang Sarana dan Prasarana

      Prasarana:

  • Di awal tahun 2016 semua ruang kuliah dan ruang diskusi sudah dilengkapi dengan fasilitas multimedia.
  • Diakhir tahun 2016 peralatan di ruang micro teaching dilengkapi dan digunakan lebih optimal.
  • Di akhir tahun 2016 Labwork Matematika sudah tertata dengan ruang bengkel alat peraga, ruang komputer membuat multi media, ruang hasil dan presentasi, serta perpustakaan mini.

     Sarana:

  • Diakhir tahun 2019 melengkapi perpustakaan mini dengan Buku Ajar/Diktat/Hand-out dengan mencetak hasil workshop dosen.
  • Setiap awal tahun ajaran mengusulkan dana untuk langganan Jurnal atau Majalah Ilmiah tentang Pendidikan Matematika dan menambah referensi buku Perpustakaan yang dapat memberi kemudahan pelaksanaan akademik