Tata Pamong dan Kepemimpinan

Sistem Tata Pamong

Tata pamong mengikuti mekanisme 4 tahunan sesuai Statuta Unmas Denpasar dan terpelihara sejak berdirinya PSP Matematika FKIP Unmas Denpasar Tahun 1979 sampai saat ini sehingga semua aturan dapat ditegakkan dan mekanisme berjalan sesuai ketentuan, serta semua komponen terpelihara dalam melaksanakan peran dan fungsinya.

 

Struktur organisasi di tingkat FKIP dan PS Pendidikan  Matematika sudah sesuai dengan PP No. 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi dan Statuta Unmas Denpasar.

 

Organisasi FKIP UNMAS Denpasar terdiri dari :

  1. Unsur pimpinan yaitu : Dekan dan Wakil Dekan
  2. Unsur Senat Fakultas
  3. Unsur Pelaksana Akademik
  4. Unsur Penunjang Pelaksana Akademik dan Administrasi

 

Dekan:

Dekan sebagai unsur pimpinan bertugas memimpin fakultas dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi, membina tenaga dosen, mahasiswa, serta tenaga administrasi di tingkat fakultas.

 

Wakil Dekan terdiri dari:

Wakil Dekan I mempunyai tugas untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengembangkan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, dengan tugas pokok mewakili Dekan dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Wakil Dekan II mempunyai tugas untuk mengawasi dan memelihara ketertiban serta mengkoordinasikan kegiatan administrasi umum dan keuangan di tingkat fakultas, dengan tugas pokok mewakili Dekan dalam kegiatan administrasi umum dan keuangan.

Wakil Dekan III memiliki tugas pokok untuk mewakili Dekan dalam kegiatan kemahasiswaan yaitu: membina, membimbing dan mengembangkan minat, bakat, sikap mental, penalaran serta usaha pemenuhan kesejahteraan mahasiswa.

 

Senat Fakultas

Senat Fakultas bertugas sebagai badan normatif dan merupakan perwakilan tertinggi di Fakultas yang menjabarkan kebijaksanaan dan peraturan untuk dilaksanakan oleh pimpinan fakultas. Tugas pokoknya adalah merumuskan kebijakan akademik, menilai pertanggungjawaban pimpinan dan memberi pertimbangan dalam pemilihan pimpinan fakultas.

 

Pelaksana Akademik

Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unmas Denpasar merupakan unsur pelaksana akademik pada FKIP Unmas Denpasar yang melaksanakan pendidikan akademik dan atau profesional dalam cabang ilmu pendidikan matematika.

Ketua Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unmas Denpasar  bertanggung jawab kepada Dekan dan terdiri dari :

 

Unsur pimpinan:  1) Ketua Program Studi

2) Sekretaris Program Studi

Unsur pelaksana akademik: Dosen

 

Tata pamong didukung dengan budaya organisasi yang dicerminkan dengan ada dan tegaknya:

 

  1. Tatacara pemilihan pimpinan.
  2. Ketua Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unmas Denpasar dipilih atas usulan Dekan terpilih setelah mendapat pertimbangan Senat Fakultas, diangkat dan diberhentikan oleh Rektor dengan persetujuan yayasan.
  3. Masa Jabatan Ketua Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unmas Denpasar adalah empat tahun dan dapat dipilih kembali sebanyak-banyaknya dua kali masa jabatan berturut-turut.

 

  1. Etika Dosen

Etika dosen selaku tenaga pendidik dimaksudkan untuk mendorong terbentuknya tenaga pendidik yang profesional yang memiliki integritas, loyalitas, dedikasi, serta etika dalam upaya pengembangan mutu institusi. Adapun etika umum yang wajib dilaksanakan oleh dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unmas Denpasar, yaitu:

  1. Melaksanakan tugas dengan disiplin dan bertanggung jawab.
  2. Memberikan teladan yang baik kepada mahasiswa.
  3. Mengembangkan diri dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam upaya menunjang profesi sebagai tenaga pendidik.
  4. Peduli dan tanggap terhadap perkembangan yang terjadi di dalam ataupun di luar kampus.
  5. Bersikap proaktif dalam usaha pengembangan institusi.
  6. Menghormati dan menghargai sesama civitas akademika.
  7. Berpakaian sopan yang mencerminkan citra sebagai tenaga pendidik profesional.

 

  1. Etika Mahasiswa

Etika mahasiswa dimaksudkan untuk membentuk citra mahasiswa yang mempunyai daya saing tinggi, memiliki karakter yang cerdas baik secara intelektual, emosional, dan spiritual, serta jujur, tangguh, dan peduli.. Secara umum etika mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unmas Denpasar, adalah:

  1. Melaksanakan kewajiban sebagai mahasiswa dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  2. Menghargai dan menghormati dosen, pegawai, serta sesama
  3. Senantiasa peduli terhadap perkembangan yang terjadi baik di dalam kampus maupun di luar kampus.
  4. Berpakaian sopan yang mencerminkan sebagai insan terpelajar.

 

  1. Etika tenaga kependidikan

Etika tenaga kependidikan dimaksudkan untuk mendorong terbentuknya tenaga kependidikan yang mampu melaksanakan tugasnya secara profesional dalam upaya peningkatan mutu pelayanan penyelenggaraan manajemen pendidikan. Adapun etika umum yang wajib dilaksanakan oleh tenaga kependidikan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unmas Denpasar  adalah:

  1. Bekerja dengan tekun, bertanggungjawab, disiplin, dan memilliki loyalitas terhadap institusi
  2. Memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada semua pihak
  3. Senantiasa meningkatkan mutu pelaksanaan tugas dalam mendukung kegiatan akademis
  4. Selalu berusaha meningkatkan kemampuan dan keterampilan guna menunjang pelaksanaan tugas sebgai tenaga kependidikan

 

  1. Sistem penghargaan dan sanksi

Segala bentuk prestasi yang diraih oleh mahasiswa ataupun dosen diberikan penghargaan sesuai dengan tingkat prestasi yang diraihnya. Sedangkan untuk setiap pelanggaran terhadap peraturan yang berlaku di Program Studi Pendidikan Matematika akan dikenakan sanksi sesuai dengan berat ringannya pelanggaran yang berupa: peringatan lisan, peringatan tertulis, skorsing dalam waktu tertentu, pencabutan hak menggunakan fasilitas milik Universitas, sampai dengan pencabutan hak sebagai mahasiswa atau dosen di Program Studi  Pendidikan Matematika FKIP Unmas Denpasar.

 

  1. Pedoman dan prosedur pelayanan (administrasi, perpustakaan)

Pelayanan administrasi dilakukan dalam upaya menunjang kegiatan akademik dengan memberikan pelayanan yang maksimal kepada semua pihak yang terlibat dalam civitas akademika Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unmas Denpasar.

Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unmas Denpasar ditunjang oleh Lab Dasar Biologi, Lab Dasar Fisika, Lab Dasar Kimia dan Lab Komputer yang pembentukannya dilakukan oleh Rektor sedangkan Biro PPL dan Lab Micro Teaching, Labwork Matematika  pembentukannya dilakukan oleh Dekan FKIP setelah mendapat persetujuan Senat Fakultas. Sarana dan prasarana unsur penunjang selalu diusahakan jumlah dan mutunya sesuai dengan kebutuhan untuk menunjang kegiatan akademik ataupun praktikum mahasiswa.

Usaha yang dilakukan untuk mengembangkan perpustakaan adalah senantiasa untuk menambah jumlah judul buku yang relevan dengan kebutuhan program studi dan pengguna. Perpustakaan juga ditunjang oleh ketersediaan dokumen dari skripsi mahasiswa dan tesis dosen, buku teks, jurnal, majalah ilmiah, serta didukung fasilitas akses dari/ke perpustakaan lain dan internet.

Kepemimpinan

Kepemimpinan di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unmas Denpasar berorientasi pada peningkatan suasana akademik yang kondusif dalam rangka menghasilkan lulusan yang unggul, berdaya saing tinggi dan kompeten dalam mengantisipasi persaingan dalam era globalisasi.  Ketua program studi dalam melaksanakan tugasnya sepenuhnya melibatkan semua dosen, mahasiswa, karyawan, serta sarana fisik dan kurikulum.

Kepemimpinan di program studi pendidikan matematika dilakukan dengan mengembangkan jaringan informasi dan menjalin komunikasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan mutu institusi. Misalnya MOU yang telah terjalin antar pimpinan universitas dengan pimpinan di tingkat propinsi ditindaklanjuti dengan kegiatan nyata dalam kerjasama antara program studi dengan tingkat kabupaten/kota.

Ketua Program Studi dalam melaksanakan tugas dan mengambil keputusan mengerahkan dan melibatkan semua komponen yang ada sehingga keputusan yang  diambil tepat dan cepat sesuai dengan kondisi yang terjadi, dalam melaksanakan kegiatan akademik Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unmas Denpasar memiliki kewenangan penuh, dan dalam membuat perencanaan serta mengelola anggaran melibatkan semua unit yang ada. Usaha untuk menciptakan prosedur kerja yang terpola dengan baik dilakukan melalui rapat-rapat koordinasi maupun diskusi yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan. Melalui prosedur  kerja tersebut, ternyata dapat menumbuhkan partisipasi dan peran aktif dari kalangan civitas akademika Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unmas Denpasar .

Partisipasi dan peran aktif tersebut terjalin melalui kerjasama dalam bentuk diskusi akademik mengenai materi kuliah, materi tugas akhir mahasiswa maupun topik-topik penelitian dan pengabdian masyarakat.