Sistem Pengelolaan dan Penjaminan Mutu

Universitas Mahasaraswati Denpasar memiliki visi yaitu menjadi Perguruan tinggi yang mampu melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara mantap dan konsisten sehingga mampu menghasilkan lulusan berkualitas dan mandiri dalam pengembangan IPTEKS yang berwawasan Budaya. Untuk tetap menjaga lulusan yang berkualitas dan mandiri maka Universitas Mahasaraswati Denpasar memiliki Badan Penjaminan Mutu yang berdiri tanggal 16 Januari 2008 dengan nomor SK K,043/ F.01.01/ Unmas/ I/ 2008. Menindaklanjuti visi tersebut Universitas Mahasaraswati Denpasar diharapkan mampu menjamin kualitasnya yang didukung dengan seleksi penerimaan mahasiswa baru, administrasi yang tertata, peningkatan pelayanan akademik, pengabdian pada masyarakat, serta penyediaan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai.

Pada tingkat Fakultas terdapat  Gugus Penjaminan Mutu FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar dengan SK No. K.2223/A.14.01/IX/FKIP- UNMAS/2010, tertanggal 15 September 2010. Gugus Penjaminan Mutu ini bekerja berusaha mempertahankan serta meningkatkan mutu lulusan FKIP Universitas Mahasaraswati dengan selalu memantau dan memeriksa segala aktivitas yang terjadi. Pedoman prosedur yang telah ditetapkan serta telah berjalan mulai tahun 2010.

Instruksi Kerja (IK) yang belum disahkan atau belum dibuat akan disiapkan dan disosialisasikan. Diharapkan dengan melaksanakan sistem manajemen ini akan dapat dijamin tercapainya target mutu secara konsisten. Selain itu juga ditingkatkan sistem “data/informasi input” yang bersumber dari semua sektor di luar FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar melalui peningkatan hubungan dengan semua stakeholders dan praktisi serta alumni, dengan harapan dapat meningkatkan jumlah informasi (needs and change) dan derajad validasi jaminan mutu berdasarkan nilai-nilai external quality perception.

Dengan status terakreditasi terakhir tahun 2011, Program Studi Pendidikan  Matematika memandang perlu melakukan beberapa penyempurnaan dalam sistem penyelenggaraan program studi. Peningkatan dan pengendalian mutu terhadap penyelenggaraan tetap berorientasi kepada Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam bidang pendidikan dan pembelajaran, wahana yang paling penting adalah kurikulum. Sebelumnya kurikulum diperbaharui dengan diadakannya lokakarya. Namun sejak tanggal 19 September 2010 dibentuklah unit penjaminan mutu untuk program studi dengan SK. No. K.2231/A.14.01/IX/FKIP-UNMAS/2010 yang bertugas untuk menjaga serta memantau mutu kurikulum yang nantinya berdampak pada meningkatnya kualitas lulusan.