Layanan Kepada Mahasiswa

No. Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya
(1) (2)

(3)

1 Bimbingan dan konseling Bentuk Kegiatan:

Bentuk kegiatan bimbingan dan konseling kepada mahasiswa antara lain:

a.    Layanan Bimbingan Pribadi dan Sosial

b.    Layanan Bimbingan Akademik

c.    Layanan Bimbingan Non-Akademik

 

Pelaksanaan Kegiatan:

Salah satu layanan yang diberikan oleh Dosen PA (Pembimbing Akademik) adalah layanan Bimbingan Pribadi dan Sosial kepada mahasiswa yang bertujuan untuk membangun rasa kekeluargaan dan mencari solusi terhadap permasalahan akademik dan nonakademik. Kemudian, hasil konsultasi dari mahasiswa akan ditindaklanjuti dan dikoordinasikan oleh Dosen PA kepada Ketua Program Studi. Sementara, masalah keuangan dikoordinasikan kepada Wakil Dekan II.

Untuk layanan Bimbingan Akademik, Dosen Pembimbing Akademik secara rutin melakukan minimal tiga kali di setiap semester, yaitu di awal semester, di tengah semester sebelum UTS, dan di akhir semester sebelum UAS. Materi yang diberikan pada saat bimbingan berupa perencanaan dan persiapan sebelum memasuki semester baru, evaluasi proses pembelajaran sebelum UTS dan evaluasi pembelajaran sebelum UAS. Dosen PA juga melakukan layanan bimbingan akademik sesuai dengan kondisi atau permasalahan insidental yang ditemui oleh mahasiswa.

Selain itu, layanan Bimbingan juga diberikan dalam bidang non-akademik seperti pelatihan dasar kepemimpinan organisasi, bakti sosial, bazzar, musyawarah anggota (Musang) HMPS, kegiatan yang diselenggarakan oleh HMPS, dan kegiatan eksternal yang diikuti oleh mahasiswa.

 

Hasil kegiatan:

Rasa kekeluargaan antar mahasiswa dan antar mahasiswa dengan dosen merupakan hasil layanan bimbingan pribadi dan sosial yang menyebabkan situasi proses pembelajaran yang nyaman. Selain itu, mahasiswa mendapatkan kenyamanan dan ketenangan pada saat mengikuti proses perkuliahan yang mempengaruhi hasil belajar mereka.

Selanjutnya, dari segi layanan bimbingan akademik, mahasiswa lebih siap dalam menghadapi semester berikutnya berdasarkan evaluasi pembelajaran semester lalu, sehingga mereka bisa memperbaiki dan meningkatkan hasil belajarnya dari semester yang lalu.

Layanan bimbingan non-akademik bermanfaat untuk mahasiswa  guna mengembangkan kemampuan mereka dalam menyelenggarakan kegiatan non-akademik seperti pelatihan dasar kepemimpinan organisasi, bakti sosial, bazzar, musyawarah anggota (Musang) HMPS, kegiatan yang diselenggarakan oleh HMPS, dan kegiatan eksternal yang diikuti oleh mahasiswa.

2 Minat dan bakat (ekstra kurikuler) Bentuk Kegiatan:

Kegiatan minat dan bakat yang dilaksanakan khusus di Program Studi Pendidikan Matematika adalah Klub Matematika dengan sub kegiatan:

–    Kelas Pembuatan Alat Peraga

–    Kelas Pembuatan Media Pembelajaran

 

Kegiatan pengembangan minat dan bakat lainnya dilaksanakan di tingkat universitas yang diberi nama Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seperti:

–    UKM Pecinta Alam (Mapala) Bhuana Giri

–    UKM Basket

–    UKM Kempo (Dojo Perkemi)

–    UKM Resimen Mahasiswa (Menwa) Satuan C – 905

–    UKM Karya Ilmiah Mahasiswa (KIM)

–    UKM KSR PMI Ganesa Dharma UNMAS Denpasar

–    UKM Seni Tari dan Tabuh (Stana)

–    UKM Seni Musik dan Seni Suara (Ganesha Voice)

–    UKM Marching Band Genta Bhuana Ganeswara (MBGBG)

–    UKM Futsal

 

Mahasiswa memilih sendiri UKM yang mereka minati untuk mengembangkan minat dan bakat mereka.

 

Pelaksanaan Kegiatan:

Pelaksanaan pengembangan minat dan bakat di program studi (Klub Matematika) diatur oleh pengurus khusus yang berkoordinasi dengan HMPS. Kegiatan Klub Matematika ini rutin dilaksanakan setiap hari sabtu dengan didampingi oleh Ketua Program Studi Pendidikan Matematika

Masing-masing pembina UKM mengatur jadwal pelaksanaan kegiatan UKM.

 

Hasil:

Kegiatan yang dilakukan tersebut merupakan tempat yang berfungsi untuk mengembangkan minta danbakat yang dimiliki oleh mahasiswa. Mahasiswa bisamengikuti berbagai macam lomba dan berpartisipasi dalam kompetisi seperti olimpiade matematika, seni, olahraga, dan lain-lain melalui UKM, baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional. Kegiatan tersebut memiliki fungsi untuk memupuk dan melatih kemampuan berpikir kritis dan bersikap yang berkaitan dengan masalah-masalah ataupun isu-isu sosial terkini yang sedang berkemnag di masyarakat. Untuk itu, kepekaan yang berkembang meliputi bidang akademik dan non akademik.

 

3 Pembinaan soft skills Bentuk Kegiatan Soft Skills:

1.    Forum Kewirausahaan Mahasiswa

2.    Pelatihan Dasar Kepemimpinan Organisasi

3.    Majalah Dinding

 

Pelaksanaan Kegiatan

1.    Untuk mendukung mata kuliah kewirausahaan dibentuklah forum kewirausahaan mahasiswa sebagai wadah mahasiswa untuk mengimplementasikan teori yang diperoleh mahasiswa selama mengikuti perkuliahan. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan forum ini berupa pembekalan praktisi dan seminar kewirausahaan. Pembekalan praktisi dilaksanakan tanggal 31 Mei, 14 dan 17 Juni 2017. Seminar kewirausahaan dilaksanakan tanggal 8 Juli 2017.

2.    Pelaksanaan Pelatihan Dasar Kepemimpinan Organisasi tanggal 18 Maret 2017 dengan menghadirkan 3 narasumber dari unsur dosen, mahasiswa dan alumni.

3.    Majalah Dinding adalah majalah dinding bidang Matematika yang redaksinya dibuat oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Majalah dinding ini terbit setiap enam bulan sekali. Mahasiswa dari tiap semester mendapatkan giliran masing-masing untuk menampilkan hasil kreasi majalah dinding mereka sendiri.

 

Hasil:

     Dari pelaksanakaan kegiatan-kegiatan tersebut, banyak manfaat yang didapatkan oleh mahasiswa sehingga mereka mempunyai kesempatan untuk mempraktekkan teori yang telah didapatkan di kelas dengan tujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berwirausaha. Selain itu dengan pengemasan kegiatan yang yang cukup menarik, mampu mempererat hubungan dosen dan mahasiswa secara lebih positif. Pembekalan serta seminar kewirausahaan membuat mahasiswa lebih termotivasi dalam mengejar mimpi mereka sebagai tenaga pendidik ataupun berkecimpung dalam dunia usaha.

Pelatihan Dasar Kepemimpinan Organisasi memberikan wawasan lebih luas tentang kepemimpinan, praktisknya dilapangan baik organisasi formal maupun non-formal kepada mahasiswa. Hal ini membantu meningkatkan rasa percaya diri dan jiwa kepemimpinan dari masing-masing mahasiswa tersebut.

Majalah dinding menjadi sarana mahasiswa untuk mengungkapkan ide-ide ataupun inovasi-inovasi terbaru tentang hal-hal terkini baik yang berkaitan tentang matematika, pendidikan matematika atau selain itu.

4 Beasiswa

 

Bentuk Kegiatan:

1.  Pemberitahuan

2.  Pendaftaran

3.  Seleksi

4.  Pengumuman

Pelaksanaan

Universitas melalui Wakil Rektor III mendistribusikan beasiswa kepada setiap unit di Fakultas, kemudian Wakil Dekan III mendistribusikan sesuai dengan jumlah mahasiswa masing-masing program studi. Informasi beasiswa ini kemudian diumumkan kepada mahasiswa, dan bagi mahasiswa yang berminat dipersilahkan mengajukan pendaftaran sesuai persyaratan yang telah ditentukan. Adapun persyaratan umum yang wajib dipenuhi terdiri dari prestasi akademik dan non akademik termasuk Indeks Prestasi, partisipasi aktif mahasiswa dalam kegiatan berorganisasi, dan keadaan ekonomi. Setelah diperoleh mahasiswa yang memenuhi syarat, Program Studi menyampaikan hasil seleksi kepada Fakultas kemudian diteruskan kepada Universitas.

 

Hasil:

Mahasiswa yang lolos seleksi mendapatkan beasiswa seperti: Bidik Misi, Supersemar, BBP (Bantuan Biaya Pendidikan), dan PPA (Peningkatan Prestasi Pendidikan).

5 Kesehatan

 

Bentuk:

Layanan konsultasi kesehatan dan Pengobatan

Pelaksanaan:

Semua civitas akademika mendapatkan layanan kesehatan di UKS Saraswati dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) tanpa dikenai biaya pemeriksaan.

Hasil: civitas akademika memperoleh obat dan layanan konsultasi kesehatan di UKS Saraswati dan RSGM

6 Lainnya, sebutkan. Hot Spot, Ruang Baca Prodi, Gazebo, Lab. Bahasa, Lab. Komputer, dan Lab. Micro-teaching, Perpustakaan.