Kurikulum

Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) tahun 2012 untuk jenjang 6 (S1) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi tahun 2014 maka Standar Kompetensi Lulusan Prodi S1 Pendidikan dinyatakan dalam Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi S1 Pendidikan Matematika yang dirumuskan sebagai berikut:

RUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN
SIKAP 1)     Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2)     Mampu menjadi warga negara yang bermoral, beretika, dan berkepribadian  baik di dalam menyelesaikan tugasnya.

3)     Mampu berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.

4)     Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.

5)     Mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain.

6)     Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

KETERAMPILAN UMUM 1)      Terampil menyusun bahan ajar matematika sesuai dengan perkembangan intelektual siswa dan tujuan pembelajaran matematika baik itu SK/KI, KD dan indikator.

2)      Terampil melaksanakan pembelajaran matematika sesuai dengan model, pendekatan, strategi dan metode yang sesuai acuan kurikulum. .

3)      Terampil menyusun instrumen evaluasi proses dan hasil pembelajaran matematika

4)      Terampil  menerapkan pembelajaran matematika yang PAIKEM

5)      Terampil menanggulangi permasalahan pembelajaran matematika baik yang berkaitan dengan penyimpangan tingkah laku maupun program  remedial, pengayaan maupun program percepatan

6)      Terampil melaksanakan penelitian pendidikan matematika

7)      Terampil melaksanakan pembelajaran matematika dengan menggunakan bahasa Inggris

KETRAMPILAN KHUSUS 1)      Terampil menyusun RPP berdasarkan silabus pembelajaran yang sedang berlaku.

2)      Terampil melaksanakan kegiatan pembelajaran berdasarkan model, pendekatan, strategi dan metode pembelajaran yang telah dipilih dan dituangkan dalam RPP.

3)      Terampil mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran matematika untuk kepentingan pelaporan kemajuan pendidikan

4)      Terampil menciptakan dan mempertahankan suasana pembelajaran yang PAIKEM

5)      Terampil menggunakan, mengadopsi, dan memodifikasi media dan alat peraga pembelajaran matematika manual maupun elektronik.

6)      Terampil mendiagnose dan memecahkan kesulitan belajar matematika siswa.

7)      Terampil melaksanakan penelitian kualitatif atau kuantitatif

8)      Terampil menyusun bahan ajar matematika dalam bahasa inggris sesuai dengan kaedah bahasa Inggris

9)      Terampil mengajar matematika dengan bahasa Inggris secara tepat dan jelas.

PENGETAHUAN 1)      Menguasai materi pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

2)      Menguasai konsep strategi  pembelajaran matematika.

3)      Menguasai dasar-dasar penelitian pendidikan matematika

4)      Menguasai konsep penyusunan instrumen proses dan hasil belajar matematika

5)      Menguasai konsep pemecahan masalah pendidikan matematika

6)      Menguasai inovasi-inovasi pembelajaran matematika yang PAIKEM

7)      Menguasai bahasa inggris dalam pembelajaran matematika

MANAJERIAL 1.    Mampu mengambil keputusan yang tepat di bidang pendidikan matematika berdasarkan informasi dan data yang relevan

2.    Mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi masalah di bidang pendidikan matematika secara mandiri dan kelompok

3.    Mampu bertanggung jawab terhadap pekerjaan sendiri di bidang pendidikan matematika serta dapat diberi tanggung jawab dalam pengelolaan organisasi di bidang pendidikan

4.    Mampu mengambil keputusan yang tepat di bidang pendidikan matematika berdasarkan informasi informasi dan data yang relevan

5.    Mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi masalah di bidang pendidikan matematika secara mandiri dan kelompok

6.    Mampu bertanggung jawab terhadap pekerjaan sendiri di bidang pendidikan matematika

7.    Dapat diberi tanggung jawab dalam pengelolaan organisasi di bidang pendidikan

 

STRUKTUR KURIKULUM DAN SEBARAN MATA KULIAH

Kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika terdiri dari kurikulum inti dan kurikulum institusional. Kurikulum tersebut tersebar ke dalam mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan. Mata kuliah yang harus ditempuh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika minimal sebanyak 148 sks.  Mata kuliah yang disajikan di Program Studi Pendidikan Matematika terdiri atas beberapa kelompok mata kuliah yaitu:

  1. Kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)
  2. Kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK)
  3. Kelompok Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)
  4. Kelompok Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)